Terbaru

Contributors

Bingung Memilih Tempat Kuliah? STITA Jawabannya


Bingung memilih tempat kuliah merupakan persoalan yang kerap dialami oleh remaja setamat dari SMA/SMK atau MA. Hal itu merupakan peristiwa yang wajar saja. Hampir setiap remaja mengalaminya. Kebingungan tersebut pada umumnya disebabkan oleh adanya kesenjangan antara keinginan dan kemampuan yang dimiliki. Misalnya, ia mempunyai keinginan untuk berkuliah di universitas terbaik di Indonesia, tetapi pada saat yang bersamaan memiliki keterbatasan, baik dari sisi finansial maupun intelektual.

Untuk itulah, dalam hal ini, mereka perlu memikirkan secara matang dan bijak. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan tempat kuliah adalah: pertama, perguruan tinggi terakreditasi. Sebab, banyak perguruan tinggi yang menawarkan beragam kemudahan, namun ternyata perguruan tersebut bodong. Ujung-ujungnya mahasiswa yang dirugikan karena ketika lulus, ijazahnya justru tidak diakui oleh lembaga manapun. Kedua, biaya kuliah. Tentu saja perlu mengkalkulasi biaya yang akan dihabiskan selama melaksanakan kuliah, mulai dari pendaftaran hingga wisuda. Kenapa demikian? Karena tak sedikit yang pada akhirnya kuliahnya terputus di tengah jalan karena tidak mampu membayar uang kuliah. Hal inilah yang tidak boleh terjadi. Ketiga, living cost atau biaya hidup. Boleh jadi, biaya kuliah tidak terlalu mahal atau katakanlah terjangkau. Namun bagaimana dengan living cost-nya? Tentu saja, biaya hidup di Sumenep masih jauh lebih murah ketimbang di kota-kota besar semacam Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Malang.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Aqidah Usymuni Tarate Pandian Sumenep merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT. Karenanya, calon mahasiswa tidak perlu ragu tentang legalitas perguruan tinggi yang lokasinya berada di jantung kota Sumenep tersebut.

STIT Aqidah Usymuni telah melahirkan alumni yang menempati banyak ruang kerja, terutama di lingkungan pendidikan. Hal ini karena alumni STIT Aqidah Usymuni merupakan lulusan yang tidak sekadar berijazah—legal—formal, akan tetapi memiliki kompetensi di bidangnya yang dapat diandalkan kepada para pengguna lulusan.

Di tahun 2017, STIT Aqidah Usymuni  Terate memberikan kesempatan kepada calon Mahasiswa Baru (Maba) untuk menjadi bagian dari “keluarga besar” kampus STIT Aqidah Usymuni. Penerimaan Mahasiswa Baru tahun ini, merupakan peluang emas bagi calon mahasiswa baru karena, salah satunya, bisa mendapatkan beasiswa.

Penerimaan mahasiswa baru STIT Aqidah Usymuni  dibuka mulai dari tanggal 01 Maret-31 Mei 2017 (Gelombang I) dan tanggal 1 Juni-12 Agustus 2017  (Gelombang II), tempat pendaftaran Kantor STIT Aqidah Usymuni, Jl. KH. Zainal Arifin No. 19 Tarate Pandian Sumenep, Nomor HP: 081934940666 (Abdul Lathip)/08175236564 (Ediyanto).

Syarat pendafataran calon mahasiswa baru: mengisi formulir, foto copy ijazah SMA/MA sederajat 4 lembar, foto berwarna 2x3 cm 10 lembar, foto copy kartu Keluarga (KK), dan membayar uang pendaftaran 100rb. Calon mahasiswa bebas memilih program studi yang diminati: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Bagi yang menepuh jalur prestasi, juga menyetorkan bukti prestasi berupa piagam/sertifikat, atau foto copy rapor.

STIT Aqidah Usymuni  Tarate menyediakan beragam organisasi kemahasiswaan sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas dan bakat mahasiswa, mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Seni dan Budaya (Teater Pelar), Lembaga Dakwah Mahasiswa (Asyfika), Pusat Kajian Perempuan (PKP), Olahraga, dan Pramuka.

Untuk itulah, tak perlu bingung lagi memilih perguruan tinggi. Pilihlah yang dekat dan berkualitas. Murah tapi tidak murahan. Perguruan tinggi Islam yang tetap merawat dan menjunjung tinggi nilai-nilai pesantren. STIT Aqidah Usymuni Terate Pandian Sumenep siap menyambut Anda menjadi manusia berkualitas dengan keimanan yang kuat. (Advertorial)