Terbaru

Contributors

Semarak Membangun Industri Kreatif di Madura


Oleh: Istianah*

Secara universal ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep yang dikembangkan pada era ekonomi baru yang berfungsi mengintensifkan kreativitas dan informasi aktual dengan mengandalkan pengetahuan dan ide yang dikembangkan melalui sumber daya manusia. Hal ini bertujuan agar bisa diprioritaskan dalam mengembangkan sektor perekonomian secara global.

Konsep tersebut saat ini gencar-gencarnya menjadi tranding topik di kalangan pemerintah. Didukung dengan keberadaan industri kreatif yang mulai banyak diminati dianggap bernilai ekonomis bagi masyarakat umum. Apalagi melihat kebutuhan primer yang mendesak,  industri kreatif seakan-akan menjadi peluang untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sehari-hari.

Akan tetapi, menjadi tantangan pula bagi pemerintah dan masyarakat untuk tetap mempertahankan kinerja dalam meningkakan sektor perekonomian. Karena bagaimanapun Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kinerja paling hebat.

Sebagaimana data pemerintah pada tahun 2015, Pertumbuhan Produk Domistik Bruto 4,79%,  ternyata lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan hanya 2,4%. Untuk itu,  bisa dipastikan hal ini menjadi prospek positif bagi pemerintah dalam mengokohkan sektor ekonomi secara riil.

Untuk ikut serta dalam menyemarakkan dan mengembangkan industri kreatif setidaknya kita harus memulainya dari daerah yang kita tempati,  sepertihalnya pulau Madura.  Pulau Madura tanpa kita sadari memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Hal tersebut seharusnya menjadi cambuk untuk dikelola sebaik mungkin.  Mulai dari kekayaan gas alam, objek wisata yang beragam yang sudah menjadi identitas orang Madura. Nah, tunggu apa lagi untuk memulainya? Jika bukan para generasi muda yang bergerak, siapa lagi?

*Mahasiswa ekonomi syari'ah semester VI yang saat ini aktif di FLP Ranting Sumenep sekaligus aktif di BEM I Pi INSTIKA