Terbaru

Contributors

Peluang Besar Menjadi Youtuber Madura



Rozi, penikmat Youtube. Sesekali ngoceh di @demokrozi.

Sejauh yang saya tahu, belum ada youtuber Madura yang terkenal dan punya brand. Meski ada sebagian yang aktif di Youtube, umumnya mereka hanya mengunggah konten-konten yang belum terkonsep secara matang alias gado-gado. Ada anak kambing berwajah mirip manusia, pasang. Ada kecelakaan, pasang. Ada hadrah campur koplo, pasang. Belum ada yang mencoba serius memikirkan apa yang ingin ditonjolkan dari konten-kontennya. Belum ada yang seperti Raditya Dika, Edho Zell, Last Day Production, Tim 2 One, Duo Harbatah, Bayu Skak, dan semacamnya.

Sebenarnya, Youtube adalah peluang besar bagi anak muda yang ingin mengembangkan kreativitasnya di bidang konten kreatif berupa video. Kita tahu, Youtube adalah ruang tanpa sekat-sekat teritorial. Tidak seperti televisi yang hanya menjangkau  sebagian kecil kreator, yang umumnya mereka adalah orang-orang kota.

Apalagi, saat ini, kata Bang Yanglek dalam salah satu lagunya, Youtube itu lebih dari televisi. Bagi saya, asumsi Bang Lek itu benar. Anak-anak muda, terutama yang berada di perkotaan, lebih cenderung menonton Youtube ketimbang televisi. Kadang-kadang, mereka menonton televisi di Youtube. Nah, ini kecerdasan Google. Dia menyediakan fitur siaran langsung yang memungkinkan acara televisi disiarkan di sana. Ditambah lagi, televisi biasanya menyimpan video-videonya di kanal Youtube. Makin tambah ramai Youtube ini.

Kaidah bisnis mengatakan, kerumunan orang adalah lahan basah untuk meraup untung. Begitu juga dengan Youtube. Ia menjadi medan penghasilan yang menggiurkan bagi kreator-kreator video karena tempatnya yang ramai. Banyak youtuber yang terkenal dan kaya dari bisnis ini. Mereka bisa tampil di televisi gara-gara booming terlebih dahulu di Youtube.

Nah, kue empuk ini sebenarnya bisa juga dinikmati oleh kreator-kreator video di Madura. Saya yakin banyak kreator-kreator muda berbakat di Madura ini. Cuma mungkin mereka masih malu-malu dan belum berani menyaingi kreator-kreator yang sudah tenar lebih dulu.

Memang tidak mudah menjadi youtuber yang bagus. Butuh persiapan yang matang dan prosesnya tidak lagi sederhana. Apalagi tantangannya adalah konsistensi.

Semuanya tergantung kualitas sebuah konten. Sebab, orang-orang tidak mau konten yang mereka nikmati kualitasnya amburadul. Mereka ingin sesuatu yang dipotret secara ciamik. Karenanya, bergerak di bidang ini butuh motivasi yang kuat dan kesiapan bekerja keras.

Sudah banyak youtuber yang mencoba aktif, tapi mereka tumbang karena tidak tahan dengan persaingan. Mereka juga kering ide-de kreatif yang bisa memancing orang untuk menonton videonya. Padahal, kreativitas itu memang butuh proses. Tidak bisa didapat dengan cara instan karena ini bukan mi.
Semakin besarnya Youtube, kian besar pula kesempatan kita untuk berkontribusi. Tinggal apakah kita mau atau tidak. Itu pertanyaan penting untuk memulai sebuah langkah besar.