Terbaru

Contributors

Annuqayah Dirikan Institut Sains dan Teknologi


Impian Pondok Pesantren Annuqayah untuk mendirikan perguruan tinggi di bidang sains dan teknologi agaknya akan segera menjadi kenyataan. Pada hari Rabu (6/6) pukul 18.30 WIB, 3 orang Evaluator dan 2 orang Administrator dari Dirjen Kelembagaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan 1 orang dari Kelembagaan Kopertis VII Surabaya melakukan visitasi kesiapan pendirian Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.

Dalam kesempatan tersebut, ada 3 bagian penting yang dievaluasi. Pertama, bidang kelembagaan meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), yakni kesiapan dosen dan tenaga kependidikan serta kesiapan gedung perkuliahan dan sarana prasarana lainnya. Dalam hal ini, evaluatornya adalah Lipur Sugianta. Kedua,aspek hukum yang dievaluasi oleh M. Rizky Aldilla. Ketiga, evaluasi dalam bidang keuangan yang dipimpin Yuliansyah. 

Menurut wakil ketua tim pendirian IST Annuqayah, KH. Abdul Halim, M.Pd.I, visitasi merupakan tahapan akhir dalam proses pendirian perguruan tinggi. Menurutnya, dari hasil visitasi, ada beberapa dokumen yang harus segera diperbaiki namun sifatnya minor. Dalam arti, beliau optimis dapat menyelesaikan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan secepatnya, sebagaimana disampaikan oleh evaluator Kemenristekdikti agar IST Annuqayah segera bisa menerima mahasiswa baru. 

Lebih lanjut ia memastikan bahwa tidak ada kendala berarti dalam proses visitasi. Dalam aspek hukum misalnya, Annuqayah sudah sangat memenuhi syarat untuk mendirikan perguruan tinggi dilihat dari Akte Yayasan dan kesiapan tanah yang dimiliki. Karenanya, ia sangat optimis bahwa IST Annuqayah akan segera berdiri di Annuqayah.

Visitasi kesiapan pendirian IST Annuqayah dihadiri oleh Pengurus Yayasan, Ketua Pengurus PP. Annuqayah, calon Dosen dan Tenaga Kependidikan, Rektor dan Wakil Rektor Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) serta perwakilan dari Kopertis VII Surabaya. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Pertemuan dan Ruang Rapat Rektorat INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep ini berlangsung dengan lancar dari pukul 18.30 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Visitasi diakhiri dengan foto bersama jajaran Pengurus Yayasan Annuqayah dan tim pendirian IST Annuqayah bersama Tim Evaluator dari Kemenristekdikti dan Kopertis VII Surabaya.

(Gambar: Doc. Voila)