Terbaru

Contributors

Selamat Datang Flagship Xiaomi di Indonesia

Sumber: Facebook Xiaomi Indonesia

Penunjukan Alvin Tse sebaik Country Director Xiaomi Indonesia sejak Oktober 2019 benar-benar membawa perubahan besar untuk Xiaomi Indonesia. Setelah sebelumnya Xiaomi dijuluki sebagai handphone kentang, karena hanya berani membawa hp kelas midrange ke Indonesia, perlahan namun pasti kini mulai berubah.

Perubahan itu dimulai pada peluncuran ponsel Xiaomi pada 17 Oktober 2020, hanya selang beberapa hari dari penunjukan Alvin Tse sebagai Country Director Xiaomi Indonesia. Pada acara peluncuran tersebut, Xiaomi untuk pertama kalinya membawa seri pro dari Redmi Note. Padahal sebelumnya tidak pernah ada seri "pro" dalam peluncuran seri Redmi Note di Indonesia.

Perubahan awal ini tentu saja cukup membawa angin segar untuk para mifans. Meskipun sebagian kecil mifans ada yang kecewa karena Redmi Note 8 Pro membawa prosesor Mediatek (MTK), namun belakangan prosesor MTK di seri ini ternyata mendapat banyak pujian. Tak lain karena kecepatan dan kepiawaian prosesor ini untuk dibawa berselancar bermain aneka game berat yang selama ini hanya bisa dimainkan secara baik di flagship, ternyata juga aman dan lancar di prosesor ini. Meskipun tentu saja ada kekurangannya. Fabrikasi 12 nm pada prosesor ini membuat daya baterai cepat habis dan mudah panas. Kedua masalah ini "ditutupi" Xiaomi dengan hadirnya baterai 4.500 mAh dan teknologi liquid cooling untuk meredam panas. Yang juga mengejutkan, di hp ini sudah disematkan teknologi NFC, teknologi yang biasanya hanya ada pada hp kelas atas dan flagship. Dari sisi layar, meskipun masih setia dengan IPS, namun sudah mendung HDR dengan resolusi 4K yang dapat memanjakan mata penggunanya.

Hadirnya Redmi Note 8 Pro benar-benar membuat perubahan besar di kelas hp midrange. Standar baru hp midrange baru saja dibuat oleh Xiaomi, yang mau tidak mau harus ditiru oleh kompetitor lainnya. Hp ini juga menjadi rekomendasi hampir semua reviewer teknologi saat ditanya tentang rekomendasi hp di rentang harga 3 jutaan.

Bukti lain bahwa Redmi Note 8 Pro cukup sukses dengan prosesor G90T adalah dengan hadirnya Realme 6 yang baru diluncurkan dan menggunakan prosesor ini.

Redmi Note 8 Pro ternyata barulah awal gebrakan dari Xiaomi. Ia semacam tes ombak terhadap pasar Indonesia yang ternyata menyambutnya dengan baik. Pada tanggal 4 Januari 2020, Xiaomi Indonesia untuk kali pertama di era TKDN, membawa produk berlogo "MI" bukan hanya Redmi. MI pertama yang dibawa ke Indonesia adalah MI Note 10 Pro yang diluncurkan dalam acara bertajuk "New World Concert", hasil kolaborasi Xiaomi Indonesia dengan Billboard Indonesia. Untuk diketahui, MI Note 10 Pro ini hadir dengan lima kamera beresolusi 108 pixel dan dijuluki sebagai HP flagship camera, karena kamera pada hp ini mampu menyamai hasil Dxomark Huawei Mate 30 Pro.

Kehadiran MI Note 10 Pro dan MI Note 10 (yang diluncurkan belakangan) memang belum sepenuhnya flagship. Seri MI Note 10 hanya mengandalkan kamera dan mengabaikan prosesor, karena masih menggunakan prosesor kelas midrange, yakni Snapdragon 730G yang biasa disematkan di hp kelas menengah harga 3-5 jutaan. Karenanya, meskipun ada keberanian dari Xiaomi Indonesia untuk memasukkan seri "MI", namun masih dianggap nanggung karena tidak benar-benar membawa seri paling tinggi dari hp Xiaomi.
Sumber: Twitter Xioami
Keluhan-keluhan para penggemar Xiaomi ini ternyata didengar oleh petinggi Xiaomi Indonesia, khususnya sang Country Director, Alvin Tse. Xiaomi akhirnya akan membawa seri flagshipnya Xiaomi ke Indonesia dan akan diluncurkan pada bulan Mei ini.

Untuk diketahui, Xiaomi secara global baru saja meluncurkan produknya dari seri Redmi dan MI. Dari Redmi Note series, ada 3 produk yang diluncurkan secara global, 30 April 2020 melalui streaming. Tiga seri yang diluncurkan tersebut adalah Redmi Note 9, 9s dan 9 Pro. Dari seri MI Note, ada seri baru yang diluncurkan kemarin bersamaan dengan seri Redmi Note, yakni Mi Note 10 Lite, atau versi murah dari Mi Note 10 yang sudah diluncurkan sebelumnya di Indonesia. Sementara untuk seri MI, Xiaomi juga meluncurkan seri MI 10 pada 28 Maret 2020. Ada tiga produk yang diperkenalkan pada saat itu, yakni MI 10 Lite, MI 10, dan MI 10 Pro.

Pertanyaannya, seri apa saja yang akan diluncurkan di Indonesia? Xiaomi Indonesia mengkonfirmasi akan meluncurkan MI 10 di Indonesia pada tanggal 8 Mei 2020. Apakah Redmi Note 9 series juga akan diluncurkan pada tanggal yang sama? Belum ada kepastian. Yang jelas, terhitung sejak Maret-April, ada 4 hp Xioami yang sudah lolos TKDN di Indonesia. Keempat produk tersebut berkode M2001J2G tanggal 10 Maret, M2003J6B2G 26 Maret, M2003J15SS 23 April, dan MI2004J11G yang baru lulus 30 April 2020. Kode M2001J2G untuk MI 10, sementara sisanya masih misteri. Mari kita tunggu.

Satu hal yang pasti dan harus disyukuri, suara lantang Mifans Indonesia agar Xiaomi membawa seri flagshipnya sudah didengar. Tugas Mifans selanjutnya adalah membelinya, agar ke depan hp terbaik Xiaomi rutin hadir ke Indonesia.

Selamat Datang Flagship Xiaomi di Indonesia, Selamat membeli untuk mifans. Mari kita tunggu gebrakan Alvin Tse selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar